Bagi kamu yang belum tau, Rakuten itu merupakan e-commerce store dari Jepang yang juga mengikuti jejak e-commerce lainnya untuk buka cabang di Indonesia. Kalo ngga salah inget sih, pada awalnya mereka ada kerjasama dengan MNC, tapi kurang tau kalo sekarang.
Anyway, aku mendaftarkan diri utk berjualan di Rakuten sekitar bulan May & tokonya baru siap untuk dipake jualan sekitar bulan Juni, karena seperti toko lainnya, mereka mau mengecek terlebih dahulu data si calon merchant. Dan seperti kejadian di elevenia, aku ngga tau kalo tokonya sudah online, setelah sebelumnya menambahkan produk dan katanya akan di approve dari pihak manajemen rakuten. Baru taunya ketika ada pembeli yg SMS kalo dia sudah melakukan pemesanan dan pembayaran.
Kelebihan berjualan di Rakuten:
- Bahasa yang digunakan di RMS (Rakuten Merchant Server) adalah bahasa Inggris. Tapi juga ada bagian bantuan yang menggunakan bahasa Indonesia. Menurut saya ini kelebihan, karena bahasanya jadi tidak terlalu memusingkan dan untuk bagian bantuan/manual/help center, penggunaan bahasa Indonesianya juga baik kok.
- Selalu ada email yg masuk untuk order yg masuk dan pembayaran yang sudah di konfirmasi. Jadi sangat memudahkan sekali untuk melacak pesanan.
- Biayanya cukup rendah. Khusus untuk 6 bulan pertama, cuma kena biaya bank & potongan Rakuten Super Point (10% dari harga jual barang). Dan untuk 6 bulan berikutnya, dikenakan tambahan biaya 7% (belum termasuk biaya bank & potongan Rakuten Super Point).
- Proses pencairan dana (settlement) lumayan cepat. Hasil dari penjualan yg sudah terkonfirmasi akan digabungkan dan dicairkan secara otomatis oleh pihak Rakuten setiap tanggal 7, 17 dan 27 setiap bulannya.
- Sering ada promo. Rakuten kayanya yg paling demen kasih promo & diskon. So far, udah beberapa kali diskon 10-20%. Lumayan kan?
- Yang mungkin agak penting sih, penjual bisa cancel order dengan status tertentu yang tak kunjung dibayar sama si pembeli. Dan katanya sih, pihak Rakuten-nya juga akan dengan otomatis membatalkan orderan yang tidak dibayarkan setelah mencapai jangka waktu tertentu.
Kekurangan berjualan di Rakuten:
- ECC (E-Commerce Consultant) toko gratisan ngga responsif sama sekali. Bayangin aja coba, setelah dataku diproses dan toko dibuat, aku dikirimin email yg berisi detail tentang biaya-biaya. Karena ngga ngerti, aku reply dengan pertanyaan. Sampe sekarang, hampir 3 bulan berlalu, ngga ada tanggapan sama sekali. Bukan cuma itu, mo minta bantuan via email utk pembeli yg ngga kunjung konfirmasi aja, ngga ada balasan sama sekali. Semoga nasib penjual gratisan yg lainnya beda, tapi aku sih merasa sedih ;(
- Ngga cuma ECC Rakuten yang ngga responsif, CS-nya juga sama. Live chat baru online dari jam 12 siang sampe jam 4 sore. Kalau submit ticket ke CS, reply-nya baru hari berikutnya. Untuk via telepon, baru akan dicoba besok.
No comments:
Post a Comment